SEMPOL NASI

Di usia Kiyomi yang 16 bulan ini ku masih berjuang untuk mensupport pola makannya yang bener dan sesuai nutrisi yang dia butuhkan. Makin gede dia makin lihay pilih-pilih makanan. Ada kalanya dia gampang pola makannya apa aja yang disodorin emaknya dia makan. Tapi ada fasenya dia susah makan, kalau gak nangkis sendok ya mulutnya dikoentji rapat-rapat.

Ku lihat Kiyomi ini paling enjoy kalau dia makan sendiri, dan emang anaknya ga mau disuapin, makanya dibeberapa video IGS selalu dia yang makan sendiri. Menu yang bakal aku share ini menu favoritnya Kiyomi, karna Kiyo seneng banget gado nasi putih, tapi kalau ada lauk pauknya pasti dia singkir-singkirin terus yang dimakan nasinya aja. Iya sih ngemil nasi emang bikin kenyang tapi ga ada nutrisinya kan. Dari situ ku iseng berkreasi membuat menu bahan nasi tapi tetap bergizi dan tentunya enaak dan alhamdulillah Kiyo doyan banget, maree disimak buibu resepnya:


RESEP SEMPOL NASI

Bahan :

- nasi 1 centong
- 8 buah udang uk. sedang yang sudah dihaluskan (bisa dicacah atau diuleg)
- wortel parut (diparut dengan parutan keju)
- 1 buah telur ayam kampung
- 1 sdt tepung terigu
- 1/2 sdt garam
- 1/4 sdt lada bubuk
- keju parut secukupnya
- stik ice cream
- minyak untuk menggoreng

Cara Pembuatan :

1. Rebus wortel selama 5 menit, sisihkan.
2. Campur semua bahan kecuali telur, aduk sampai semua bahan tercampur jadi satu.
3. Alasi tangan dengan plastik lalu bentuk adonan bulat memanjang seperti sempol. Lalu tusuk dengan stik ice cream.
4. Kocok lepas telur, balurkan sempol nasi dalam telur.
5. Goreng dengan api kecil, bolak-balik sampai kuning kecoklatan. Angkat tiriskan.
6. Sajikan dengan saos *buat emaknya. Hahahaa

NB : protein hewaninya bisa diganti dengan daging, ayam, ikan, kepiting dll. Sayurnya juga bisa diganti brokoli, buncis atau sesuai selera. Untuk kedua jenis bahan tersebut harus dimatangkan dulu sebelumnya bisa direbus/ditumis. Khusus resep ini karna ku pakai udang gak perlu ku matangkan dulu karna udang cepat matang.

Ribet kah buibu? Gak lah yaaa.... Gampang kok asal udah niat dan bikinnya pake hati yang riang gembira, jangan lupa selipkan doa dalam proses pembuatannya agar makanan kita jadi berkah seberapapun suapan yang masuk. Walau sekarang dia belum begitu paham tapi aku percaya ini bakal terekam dimemorinya, dan suatu hari dia bakal bilang makanan terenak itu adalah makanan buatan ibu :')
*uuwww~~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makhluk Baper itu Bernama Ibu

Rangkuman Hasil Live Instagram @zaskiadyamecca dan Dokter @metahanindita Soal Stunting

#Modyarhood : Balada Style Emak-Emak Setelah Punya Anak