The "Makan Bener" Project


Gambar : google

Rasanya ku mau punya anak selusin kalau ga ada yg namanya drama GTM (Gerakan Tutup Mulut) pada anak. GTM ni emang bikin para mamak pada pusing dan sutris. Tinggal makan buka mulut terus kunyah aja naak susah amaaatttt, pake geleng-geleng lah, ditangkis, mingkem kem macam ada paswordnya, belum lagi yg diemut, dilepeh, yasalaaaaaaam...

Kiyomi ngalamin fase ini di usia 9 bulan, dia udah mulai bisa geleng-geleng nolak kalau emaknya nyodorin sendok, makin gede makin canggih caranya nolak makan dan makin susah dibujuk. Dari situlah perjuangan naikin BB Kiyo mulai ngos-ngosan. Segala cara udah dicoba dari yang kasih vitamin napsu makan, ganti menu, kasih cemilan berat ujung-ujungnya nyerah terus pergi ke DSA. Sama DSA dievaluasi jadwalnya kasih vitamin lagi, tapi tetep BB nya naiknya irit banget. Pas usia Kiyo 1 tahunan baru nemu tuh IG nya dokter @metahanindita, semua emak-emak pasti udah ga asing lagi sama beliau. Dari situ ku mulai belajar lagi ilmu per-MPASI-an walau usia Kiyo udah 1 tahun lebih.

GTMnya Kiyomi ini emang dateng pergi, tapi dalam beberapa bulan pasti ada fase dia GTM entah 1 - 2 minggu, bener-bener nguji kesabaran emaknya karna semua yg dimasakin emaknya dia tolak, maunya ngemil, ngemilnya pun ga beres. Gorengan lah, bakmi goreng, roti lah, biskuit. Dia dapet nutrisi dan zat besi dari manaaa coba :'). Sampe-sampe ku ada di fase yang ya udahlah yang penting ada yang masuk daripada dia ga makan sama sekali, tar juga doyan makan lagi. Tapi dari dulu ada sesuatu hal yang menggelitik di qolbu, GTM ni keknya cuma ada di Indonesia kali yak, karna ku lihat di luar negri ga ada tu mamak-mamak yang pada nyuapin anak di taman. Anak-anaknya pada enjoy makan sambil duduk. Inget banget dulu sering nonton di youtube acara "Superman Return" episodenya si kembar 3 Minguk-Manse-Daehan, waktu itu mereka se usia Kiyomi, tapi tiap dalam episode makan tiga-tiganya selalu makan duduk dengan tenang dan lahap. Ga ada drama bapaknya harus nguber-nguber mereka satu-satu untuk nyuapin, yang ada mereka selalu excited ketika jam makan.
Dan satu lagi, kenapa tiap ketemu dokter selalu yang dikulik pertama kali adalah soal jadwal makannya. Lagi-lagi evaluasi jadwal padahal ku pengennya dikasih vitamin atau racikan apa gitu yang manjur biar Kiyo makannya lahap *gitu dalam hati dulu. Keknya ga beres ya kalau GTM ni lama-lama di diemin atau pake jurus "ya udah sih yang penting masih mau ngemil", tapi Zubaedah... Anak-anak ini lagi masa pertumbuhan mereka butuh nutrisi terbaik untuk tumbuh kembangnya, sampe kapan anak cuma mau makan roti, gorengan, puding, sedang masa pertumbuhan itu ga akan balik lagi :')

Sebelum Ramadhan kemaren Kiyo demam batuk pilek 2 bulan berturut-turut, BBnya Kiyo langsung terjun bebas dlosor-sooorrr hampir menyentuh garis kuning. Disitu aku ngerasa, oke Kur...kamu harus lakukan sesuatu yang lebih keras lagi agar BB Kiyo kembali aman. Lalu ku konsultasi dengan Bu Elsa, beliau ahli gizi di puskesmas tempatku tinggal. Kami memang sering sharing soal per-MPASIAN. Oleh bu Elsa aku direkomendasikan untuk berkonsultasi dengan DSA yang ada di Rumah Pemulihan Gizi (RPG) Jogja. Di sana ku bertemu dengan dr. Samlek beliau praktek di RS. Sardjito dari dr. Samlek inilah ku berasa dapet petunjuk untuk membenahi pola makan Kiyomi.

Dari dr. Samlek ku baru pihim kenapa ada aturan makan menurut WHO soal pentingnya jadwal makan, menu makan, dan durasi makan. Yuk mareee kita bahas satu-satu :

1. Makan harus dengan jadwal yang tertib

Selama ini Kiyo makan dengan patokan jadwal makan 3x sehari 2x selingan. Ini berlaku dari usia 10 bulan. Jamnya sama sekali ga teratur, kalau anaknya ga mau sarapan jam 8 pagi ya udah tar sejam tawarin lagi gitu. Padahal jadwal itu penting ternyata, fungsinya untuk anak belajar konsep lapar dan kenyang. Misal dia sarapannya sedikit cuma 5 suap, sejam kemudian dia ditawari makan lagi lanjut ngemil pikiran emaknya biar banyak yang masuk tapi itu justru merusak jadwal makan utamanya. Sudah dipastikan di jam makan siang pasti anaknya nolak makan kalaupun makan yang masuk cuma sedikit. Si anak tidak belajar aturan makan yang benar, tidak bisa merasakan konsep lapar. Jadinya makan se-moodnya dia, dan jatohnya aturan makan ditangan si anak bukan ditangan ibu.

2. Menu makan wajib menu 4 kuadran (adekuat)

Jadiiiiii terjawab syudah kenapa Kiyo kalau makannya banyak ngemil kenceng naiknya cuma 100gr, 200gr, naik 300gr itu dah prestasik. Ternyata karna menu makanan yang dia makan kurang adekuat. Karna Kiyomi ni picky eater banget, dia cuma mau makan yang dia doyan aja. Kalau dia makanannya cocok seleranya dia lahap begitu ga doyan dia ogah-ogahan. Tapii menu-menu yang dia doyan ni kurang atau bahkan tidak adekuat atau mengandung unsur 4 kuadran. Beberapa contoh menu makanan yang Kiyo lahap, yamie pangsit basah, kwetiau goreng, nasi goreng. Cemilan berat seperti risol, bubur sumsum, roti bakar. Masuk akal banget walau Kiyo ludes melahap itu semua, kenaikan BBnya tetep irit. Karna dalam makanan tersebut tidak mengandung unsur nutrisi makronutrien dan mikronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi untuk menambah BB menunya wajib adekuat atau menu 4 kuadran. Selama ini yang kupahami untuk menambah BB harus dengan double karbo, double protein (ku belajarnya dari akun-akun Mpasian, yang mana ulasan mereka bukan dari pihak medis). So please jangan tiru aku, kalau mau belajar atau konsultasi ya dari pihak yang berkompeten dalam hal ini medis.

3. Durasi makan maximal 30 menit


Kalau liat highlightnya dr. @metahanindita yang terbaru soal aturan makan disitu udah lengkap banget dibahas soal aturan makan yang benar termasuk durasi makan. Ini bukan hanya sekedar teori tapi sudah berdasarkan riset dan penelitian. Emang sih kalau durasi makan udah lebih dari 30 menit anak biasanya udah bosen dan udah ga konsen. Kalau dipaksain malah bisa trauma makan, kita kalau udah ga mood makan tapi dipaksa juga ga enak kan.

3 point penting itu yang kurang lebih dr. Samlek sampaikan. Tapi sebagai mamak-mamak sotoy ketika dokter menjelaskan ku sudah dipastikan ku ngeyel donk.

"Lah dok saya terakhir nerapin aturan makan dengan benar waktu Kiyo usia 10 bulan apa sekarang di usia 20 bulan masih bisa diperbaiki?"

"Bisa bu, asal ibu sabar dan disiplin juga, kalaupun dia belum mau makan menu begitu gakpapa yang penting dia mulai mengenal lagi, biarkan dia familiar dulu. Kalau dia nolak jangan dipaksa, dan jangan tawari apapun di luar jadwal makan. Lama-lama mindsetnya bakal kebentuk, oh emak gue cuma ngasih yang begindang kalau makan, selain ini ga ada."

"Terus soal durasi makan kenapa harus 30 menit dok?

"Iya bu durasi makan max 30 menit habis ga habis tarik piring dari mejanya. Jangan lanjut tawaf muter kampung sambil disuapin. Nanti si anak lama-kelamaan bakal paham kalau cuma dikasih waktu 30 menit nih buat ngabisin makanan, 30 menit lebih makanannya bakal lenyap dari pandangan. Oke ku makan aja kalau gt"

"Soal menu kenapa harus 4 kuadran dok? Di kalangan mama-mamagram terkenal teori double protein untuk booster BB, yang bener mana dok?

"Di jurnal kedokteran ga ada istilah double protein untuk booster BB, untuk mendapatkan nutrisi yang baik menu makanannya harus lengkap. Ga bisa makan cuma nasi & lauk ayam saja, atau nasi & sayur saja. Tubuh harus mendapatkan asupan makanan lengkap untuk menghasilkan nutrisi yang baik. Kalau pola makannya bener pasti BB mengikuti."

Dari situ ku kek ditampol jangan-jangan BB nya Kiyo yang susah naik dan GTM nya Kiyo ni gegara emaknya yang salah kasih pola makan selama ini? Belum lagi kalau ku baca Q&A nya dr. Meta banyak banget testi yang bilang BBnya naik banyak setelah ngikuti aturan makan yang benar. Ga butuh waktu lama buat berpikir besoknya ku langsung eksekusi semua perintah dokter, dimulai dari tanggal 4 Mei 2019 ku mulai menerapkan jadwal dan menu makan yang benar, project ini ku namai "THE MAKAN BENER PROJECT". Niat awal cuma mau pengen membiasakan Kiyomi makan dengan nutrisi lengkap bukan makan yang hanya semau dia, masalah BB justru ku pasrah :').

Jadwal makan Kiyo :
- 08.00 Makan Pagi
- 10.00 Susu (uht/sufor) 100ml - 150ml/minum
- 12.00 Makan Siang
- 15.00 Buah
- 16.00 Susu (uht/sufor) 100ml - 150ml/minum
- 18.00 Makan Malam
- 20.00 Susu (uht/sufor) 100ml - 150ml/minum

Tiap makan menu Kiyo ku pisah-pisah begini, biar ku tau seberapa banyak yang dia makan. Dan biar dia terbiasa melihat menu makan yang lengkap.

Menu: udang goreng, nasi, sup, orek tempe

Kur, di jadwal kok ga ada menu snacknya? Cuma susu sama buah aja? 

Iya, snacknya ya susu itu karna yang udah ketauan kalorinya berapa jadi gampang ngitung kasar berapa jumlah kalori yang masuk ke perut Kiyomi. Lagian kalau snack berat macam jasuke, risol, kroket ku ga tau jumlah kalorinya berapa dan jatohnya ke Kiyo jadi ga doyan makan pas dijam makan mungkin karna snacknya udah bikin kenyang. Dan kata dokter kalau dia terbiasa makan snack berat bakal ngrusak mindsetnya soal makan yang sesuai aturan. Karna pasti dia bakal memilih ngemil dan nolak makan. So, sayonara dengan resep-resep puding, kue-kue yang udah ku kumpulin. 

Reaksi Kiyo di awal gimana Kur makan dengan menu lengkap begitu? 

Well dia seneng sing karna banyak yang bisa dicomotin, tapiiii... Ya seneng nyomot-nyomot doank dimakan kagak -__-". Paling banter cuma dimakan nasinya tok sama tahunya yang lain ga disentuh, yang masuk pun cuma dikit paling banter 5 suap abis itu dia bilang udah terus kabur. Kalau udah kek gitu coba ku tawarin kalau dah 30 menit beneran ga mau ya udah jatah dia cuma 5 suap itu. Kalau dulu langsung deh ke dapur ganti menu bikin apaaaa gitu biar dia makannya banyak, sekarang nehik. Tunggu jatah minum susu dan makan kamu di jam berikutnya. Hahaha.... *emak macam apa ku ini tapi demi kamu juga nak :').
Selama 2 minggu mood makan Kiyo naik turun, kadang kooperatif kadang baek dia lahap, dan iman emak harus tetap terjaga karna kalau dia belum kenyang biasanya dia mulai "cari-cari" cemilan karna emak biasa buatin/ngasih sesuatu dengan dalil "yang penting ada yang masuk". 

Semakin ke sini Kiyo mulai nerima jadwal dan menu makannya. Dan ku baru sadar selama dia jalanin project makan bener ini dia justru ga pernah pilih-pilih makanan lagi, apa yang disodorin emaknya dia sikat walau kadang ga pernah habis, tapi menurutku itu sebuah pencapaian karna dia sudah mempunyai penerimaan yang baik. 
Minum susunya pun jadi jauuuuh lebih gampang, selama ini 100ml ngabisinnya setengah jam itupun mamaknya harus ngebujuk sedemikian rupa, karna buat dia galon emaknya yg paling enak. Sekarang minum susu sekali glek langsung abis. Wohoooo! 

Tibalah saatnya penimbangan pada tanggal 17 Juni 2019, kurang lebih 1,5 bulan ku istiqomah dengan aturan makan. Pas nimbang ga berekspektasi apa-apa sih karna emang tiap nimbang ku niatkan begitu (takut cakit ati), naik syukur enggak ya besok coba lagi, gitu ceunah.
Waktu petugas posyandu bilang Kiyo naik 800gr langsung ku minta timbang ulang barang kali timbangannya lagi halu karna biasanya mentok sebulan cuma naik 300gr, eh ternyata beneeeeerr naik 800gr!! Seketika ku pengen joged samina mina keke waka waka keke~
MasyaAllaaaah... Kenapa ga dari dulu sih ku ngikutin aturan makan yang benar, huhuhu terharu dan seneng bener, ternyata dengan pola makan yang benar BB beneran ngikutin. Pantesaaan dia minum vitamin napsu makan yang ina inu, puyer racikan dokter, tetep ga merubah pola makan dan BBnya, ternyata emaknya yang kurang disiplin dan kurang sabar. 

Ku berharap project makan bener ini bakal dia pertahankan sampai nanti usia remaja bahkan sampai dewasa. Dengan tanpa pilih-pilih makanan itu artinya kita diajarkan bersyukur bahwa rezeki yang Allah kasih lewat makanan hari ini harus kita terima dan kita makan dengan senang hati. Dan dari sini ku belajar jangan pernah meremehkan sesuatu, kalau kamu merasa gagal berarti Allah kasih kita kesempatan buat belajar agar besok bisa lebih baik. Kalau kita meremehkan sesuatu bisa jadi kita justru kehilangan ilmu penting karna Allah memberikan kita pengetahuan dari berbagai macam hal. 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

#Modyarhood: Ibu Perfect Itu Cuma Ada di Instagram

GTM (Gerakan Tutup Mulut) vs GMTW (Gerakan Mamak Tetap Waras)